Oleh: rtdua | 9 Mei 2011

Majelis Dzikir RT02 Ziarah Makam

Pada tanggal 8 Mei 2011, Majelis Dzikir RT02 Metland Cileungsi melaksanakan acara ziarah ke makam para ulama penyebar agama islam di wilayah Jakarta.

Dipimpin oleh Ketua Seksi Kerohanian Islam, Bpk. Taufik , rombongan ziarah yang berjumlah 20 orang berngkat dari Metland Cileungsi pukul 08:00WIB dari Mushola Al Mujahirin di buka dengan Doa oleh Ustad NUr Wahid.

Ziarah pertama , ke makam Ulama Habib Mohammad Bin Umar Al Qudsi, wafat pada 23 Muharram 1118 H atau tahun 1627 M dan Habib Ali Bin Abdurrahman Ba’Alwi, wafat 15 Ramadhan 1122 H atau tahun 1701 M. Kedua waliyyullah yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa ini sama-sama berasal dari Hadramaut (Yaman).  Masjid Kampung Bandan didirikan oleh Habib Abdurrahman Bin Alwi Asy-Syathri yang berasal dari Hadramaut (Yaman) pada tahun 1789. Menurut pengurus masjid, Habib Alwi Bin Ali Asy-Syathri atau biasa dipanggil Habib, berdasarkan cerita secara turun-temurun, Habib Abdurrahman mendapatkan karomah atau pencerahan dari Allah SWT untuk merawat dua makam wali penyebar agama Islam di Jawa yang berada di tempat tersebut.

Ziarah makam Ulama kedua, ke makam adalah Habib husein bin abi bakar al idrus lahir di Migrab, dekat Hazam, Hadramaut, Datang di Betawi sekitar tahun 1746 M. Berdasarkan cerita, bahwa beliau wafat di Luar Batang, Betawi tanggal 24 Juni 1756 M. bertepatan dengan 17 Ramadhan 1169 Hijriyah. . Silsilah beliau : Habib Husein bin Abubakar bin Abdullah bin Husein bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Husein bin Abdullah bin Abubakar Al-Sakran bin Abdurrahman Assaqqaf bin Muhammad Maula Al-Dawilah bin Ali bin Alwi bin Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath.

Ziarah makam ke tiga ke makam Ulama Al Imam Al Arif Billah Sayyidina Al Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad Al Husaini Ass Syafi`i Sunni RA atau akrab disapa mbah Priok. Makam mbah Priok terdapat di dalam areal pelabuhan Petikemas Koja, Tanjungpriok. Makam keramat ini selalu diziarahi para ulama dan santri. Utamanya pada Kamis malam Jumat atau Walimatul Houl Maqom dan pada Ahad akhir di setiap bulan Shafar. Para peziarah tidak hanya berasal dari DKI Jakarta saja, melainkan juga berasal dari ulama dan santri di seluruh pulau Jawa.

Selesai ziarah makam ulama, rombongan makam siang bersama di rumah makam masakan padang di sekitar Tj.priok, kemudian melanjutkan perjalanan pulang kembali ke Metland Cileungsi.

Akhirnya rombongan tiba kembali dengan selamat di Metland Cileungsi pukul 15:00WIB, acara ziarah makam ulama rombongan RT02 RW06 diakhiri dengan sholat Azhar berjamaah di Musholla Al Muhajirin.


Kategori

%d blogger menyukai ini: